LAMAN SENI

My Photo
PENSYARAH UNIT SENI VISUAL, IPG KAMPUS IPOH,PERAK. yatie2838_my@yahoo.com

Saturday, August 8, 2009

Pend Seni

LATAR BELAKANG

Seni telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan ilmu dan teknologi turut memperbesar peranan seni dan menpengaruhi cara pandang masyarakat terhadapnya. Seni yang semula dikemas untuk memenuhi kebutuhan ekspresi. Kini berkembang menjadi komoditas industri sebagai kebutuhan budaya. Ini semua merupakan beban berat bagi pendidikan seni. Di satu sisi pendidikan seni bertugas mengembangkan kepribadian anak didik agar memiliki kebudayaan nasional. Di sisi lain, pendidikan seni mesti mengakomodasi tantangan global yang mendorong persaingan ndalam segala aspek kehidupan termasuk seni. Perlu disadari bahwa serbuan bisnis hiburan dan pop culture pada umumnya sekarang ini telah menggoyahkan sendi-sendi kebudayaan nasional dan internasional. Lebih-lebih lagi, ilmu persepsi telah menemukan berbagai pola baru dalam upaya mengembangkan kompetensi seni, khususnya seni musik. Aspek-aspek baru sebaiknya secepat mungkin menjadi bahan kajian mendalam demi peningkatan kehidupan seni di kita.

Persoalan pokok pendidikan seni diantaranya bagaimana menghasilkan anak didik yang mampu mengapresiasi seni dan menghasilkan pencipta seni yang kreatif dan inovatif, baik di tingkat sekolah dasar, menengah maupun pendidikan tinggi. Dalam era globalisasi sekarang ini Indonesia memerlukan para pencipta seni yang berkepribadian Indonesia yang memiliki integritas tinggi dalam melestarikan dan mengembangkan seni tradisional sebagai akar budaya.

VISI

Mengembangkan pendidikan seni dan seni untuk pendidikan

MISI

Meningkatkan kualitas pendidikan seni di masyarakat berlandaskan pada seni tradisi dengan memperhatikan secara seksama seni budaya bangsa lain. Secara rinci, misi itu adalah sebagai berikut :
1. Mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu pendidikan seni untuk kepentingan masyarakat
2. Menyelenggarakan program pendidikan untuk menyiapkan tenaga profesional kependidikan dalam bidang seni
3. Menghasilkan tenaga profesional yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pendidikan seni di sekolah, dan di luar sekolah, dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi
4. Membantu membina SDM yang berbakat dalam penulisan, kuratorial, kritik dan analisis karya seni dalam konteks permuseuman, pameran seni, dan pertunjukan seni, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pendidikan seni di sekolah, dan diluar sekolah dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi.
5. Membantu membina SDM yang berbakat dalam penulisan, kuratorial, kritik, dan analisis karya seni dalam konteks permuseuman, pameran seni dan pertunjukan seni.
TUJUAN
1. Menyiapkan ahli pendidikan seni yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan seni di masyarakat
2. Menyiapkan ahli pendidikan seni yang mampu meningkatkan pendidikan seni di masyarakat
3. Menyiapkan ahli pendidikan seni yang mampu menggali seni-seni tradisi sebagai sumber inspirasi untuk mengembangkan pendidikan seni di masyarakat.

4 comments:

  1. salam sekali lagi cikgu.....
    boleh tak saya nak dapat kan no tel cikgu....
    untuk mintak bantuan.

    ReplyDelete
  2. salam...hi bakal cikgu.... tq sb join web saya... ni phone number saya, 0124517302

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum ckgu.. saya jg bakal ckgu.. boleh tak saya dapatkan maklumat tentang huraian jenis-jenis pentaksiran..? ada 9 jenis semuanya.. dah cari tapi x jumpe..

    ReplyDelete
  4. Hi ims, w.salam..... mana leh xjumpa...cuba cari dlm buku Sha.Alwiyah, Ee Ah Meng, dll buku yg ada isu pentaksiran... kena kreatif le sikit dik...byk sebenatnya... cuba cari dulu yek....

    ReplyDelete